3 Cara Untuk Menghasilkan Cuan dari WordPress

3 Cara Untuk Menghasilkan Cuan dari WordPress

Perkembangan jaman dan efek pandemi membuat transformasi digital menjadi berkembang begitu pesat. Saya yakin temen2 pun mengalami transformasi tersebut, contoh: WFH (Work From Home) maupun SFH (School From Home) yang menggunakan fasilitas video conference seperti zoom/google meet. Marketplace pun saat ini merajalela untuk memberikan solusi berbelanja secara virtual. Kita juga bisa melihat dunia social media dengan maraknya konten video.

Dari semua contoh, kita bisa ambil kesimpulan INTERNET menjadi kata kuncinya. Dengan banyaknya pengguna Internet, artinya juga semakin banyak peluang untuk mendapatkan cuan dari internet. Setuju apa setuju banget nih?

Nah, saya ingin share peluang usaha yang bisa dihasilkan dari sebuah CMS (Content Management System) bernama WordPress.

Cara Menghasilkan CUAN dari WordPress

Untuk membuat website dengan CMS WordPress, temen2 perlu terlebih dahulu memiliki Hosting & Domain (apabila belum memiliki, bisa pesan di Qwords). Hosting itu ibarat lahan tanah dalam keseharian kita, sedangkan Domain merupakan nama jalan yang memudahkan untuk informasi rumah kita. Nah, websitenya sendiri bisa diibaratkan sebagai rumahnya (dalam hal ini si WordPress).

Ilustrasi Domain, Hosting & Website

Terserah kita mau di dekor seperti apa WordPressnya, ini beberapa dekorasi wordpress yang nantinya bisa menghasilkan cuan:

1. Membuat Toko Online dengan WordPress

Toko online ini bisa difungsikan untuk menjual produk fisik maupun produk digital. Nah beberapa yang perlu disiapkan dalam membuat Toko Online menggunakan WordPress:

  • Theme : ini ibarat exterior rumah yang akan mempercantik tampilan toko temen2, sebagai contoh bisa kunjungi https://kopo.biz.id dalam website tersebut sistem tokonya sangat simpel.
    • Tampilan etalasenya dibuat dengan style IG Store
    • Bisa di hubungkan ke marketplace Tokopedia/Shopee/Lazada/Blibli
    • Support varian dengan ataupun tanpa mengubah harga (misal varian warna yg tidak mengubah harga maupun varian item produk yang mempengaruhi harga)
    • Support ongkir berdasarkan lokasi maupun flat ongkir (untuk produk non ongkir tinggal disable)
    • Proses cekoutnya akan diarahkan ke nomor WA pemilik store, transaksi dilakukan via WA dan bisa diarahkan untuk transfer ke bank yang dimiliki. Jadi ga perlu make Payment Gateway
    • Halamannya responsive, mau dibuka dari PC, tablet, maupun HP ga akan berantakan
  • Plugin Membership : ini berguna untuk temen2 yang ingin memanage database konsumen. Contoh plugin yang bisa digunakan: Woocommerce,
  • Plugin Payment Gateway : saat ini sudah banyak Payment Gateway yang support untuk transaksi khususnya di Indonesia, diantaranya: Tripay, Midtrans, Xendit

2. Monetize Blog WordPress dengan Google Adsense

Untuk temen2 yang suka ✍🏻 menulis, cobalah membuat blog dengan WordPress. Dengan banyaknya visitor ke blog, peluang menghasilkan cuan dari memasang Google Adsense sangat besar. Biar tampilan kece kaya blog saya, bisa langsung pesen theme Bello-nya ke mas Eric. Themenya sudah support untuk area iklan, bahkan di bagian custemization juga sudah dimudahkan untuk copas code adsense & optimalisasi agar proses membuka halaman agar lebih cepat. Halamannya responsive saat dibuka dari PC/tablet/HP. Yang paling terpenting sih support after salenya dari mas Eric. Ga cuma disiapin tutorialnya aja, tapi disiapin juga grup untuk tanya jawab

3. Membuat eCourse dengan WordPress

Membuat eCourse/LMS (Learning Management System) menggunakan WordPress tidak lah sulit (salah satu contoh LMS menggunakan Wordpres adalah Kelas Boost Skills) Yang perlu disiapkan:

  • Hosting dengan spesifikasi yang sesuai. Bisa konsultasikan ke team CS penyedia hosting
  • Plugin untuk eCourse beraneka ragam, diantaranya: Learnpress, Tutor LMS & Learndash
  • Tentukan tempat penyimpanan video ecourse temen2. Berikut opsi yg bisa dipilih: Youtube/Vimeo dengan unlisted video (tujuannya supaya tidak dengan mudah diakses orang, akses hanya diberikan saat orang sudah membayar/menjadi member), opsi terakhir adalah sewa video hosting (perlu merogoh kocek lebih dalam tapi secure)
  • Siapkan materi ecourse
  • buat landing page dan diarahkan ke cekout page. Integrasikan dengan payment gateway diantaranya: Tripay, Midtrans, Xendit

Profesi ini mulai banyak dilirik orang karena profitnya yang menggiurkan. Bayangkan: temen2 hanya cukup membuat materi pembelajarannya sekali saja, setelah itu dijual berulang kali. Menarik bukan???

Nah, itulah 3 kemungkinan peluang usaha yang bisa dihasilkan dari WordPress. Kalau kalian pilih yg mana?

Artikel Terkait
error: Content is protected !!