Perlunya Analisis Data di Era Big Data

Perlunya Analisis Data di Era Big Data
Big Data

Di dunia serba digital saat ini, kita sering mendengar istilah Big Data. Seberapa besar Big Data tersebut? Bisa berukuran Tera Byte bahkan Peta Byte. Saking banyaknya data, diperlukan seorang Analisis Data. Analisis data memegang peran penting dalam kesuksesan sebuah bisnis perusahaan. Dalam perusahaan, analisis data sering digunakan sebagai bentuk pertimbangan ketika mengambil keputusan. Yuk, cari tahu lebih lanjut tentang apa itu analisis data melalui artikel ini.

Apa itu Analisis Data?

Analisis data atau data analytics adalah proses mengumpulkan, menyusun, dan menarik informasi. Dengan kata lain, analisis data adalah proses mengolah data dari berbagai macam sumber dan kemudian merubahnya menjadi informasi yang dapat digunakan untuk pemecahan masalah, analisis bisnis, hingga memprediksi bisnis di masa depan.

Proses analisis data meliputi pengelompokkan data berdasarkan karakteristik, pembersihan data, transformasi data, dan membuat model data untuk menemukan informasi penting. Nantinya, data yang sudah diproses akan disajikan dalam bentuk yang menarik dan mudah dimengerti seperti grafik dan plot. 

Profesi sebagai Analisis Data

Dua pekerjaan yang paling populer dalam dunia analisis data adalah Business Analyst & Data Scientist. Kedua profesi ini memiliki peran & tanggung jawab yang berbeda.

Data Scientist

Seorang Data Scientist bertugas untuk mengumpulkan, mengolah & menganalisa data untuk nantinya menghasilkan informasi yang berguna untuk pengambilan keputusan di perusahaan tersebut. Untuk itu diperlukan kemampuan dalam menguasai beberapa tools, seperti: R, SPSS, SAS & Python.

Dilansir dari glints.com, data scientist di Indonesia mendapatkan gaji rata-rata Rp 120 – 240 juta/tahun.

Untuk dapat meningkatkan kemampuan menjadi seorang Data Scientist, berikut ecourse yang disarankan:

  • Data Science with Python. Dalam ecourse ini akan dikenalkan dunia data science, penguasaan tools Python hingga strategi karir untuk bisa sukses menjadi data scientist

Ecourse ini dimentori oleh Ziyad Syauqi Fawwazi (lulusan Institut Teknologi Bandung/ITB) dengan 4 tahun pengalaman Data scientist di PT Astra Internasional.

Business Analyst (BA)

Seorang Analis Bisnis berperan untuk berinteraksi dengan klien & manajer proyek untuk menganalisa kebutuhan mereka. Untuk bisa menganalisa data yang ada, diperlukan beberapa tools yang wajib dikuasai oleh seorang Analis Bisnis: Ms Excell, Power BI, Tableau.

Ms Excell diperlukan untuk proses pembuatan data & mengolah data. Sedangkan Power BI & Tableau digunakan untuk visualisasi data. Visualisasi data ini sangat penting karena sebagai jembatan untuk menceritakan data yang telah dianalisa (data storytelling).

Dilansir dari ekrut.com, seorang Business Analyst di Indonesia memperoleh gaji rata-rata Rp 48 juta – Rp 180 juta/tahun. Selain untuk pekerjaan, skill sebagai BA juga bisa dimanfaatkan untuk membangun bisnis dengan pertumbuhan cepat.

Untuk dapat meningkatkan skill yang diperlukan seorang BA dalam pengolahan data, berikut ecourse yang disarankan:

  1. Business Analyst: Mastering Excell dan Power BI. Materi yang akan didapatkan dalam ecourse ini mulai dari pengenalan profesi BA, praktek pengolahan data dengan Excell, penggunaan Power BI
  2. Visualisasi Data Dengan Tableau. Materi yang akan didapatkan dalam ecourse ini mulai dari pengenalan fungsi dasar Tableau hingga praktek (file praktek akan diberikan & digunakan untuk dimodifikasi)

Ecourse ini dimentori oleh Nafi Putrawan (lulusan Universitas Indonesia dan ICTP – Italy) dengan pengalaman > 7 tahun sebagai Business Analyst di berbagai perusahaan multinasional (Bank Indonesia, Zurich Insurance, Sinarmas & Indonesia Green).

Untuk kursus/ecourse dengan materi lain, silahkan kunjungi halaman Ecourse

Artikel Terkait
error: Content is protected !!