3 Hal Penting dalam Memilih Tools WA Marketing
Tahukah temen2 bahwa menurut data yang saya peroleh, pada Februari 2022, 88,7% pengguna internet dengan usia 16-64 tahun menggunakan platform WhatsApp. Dan platform ini merupakan yang paling sering digunakan
Jadi dengan pengguna terbanyak, sangat wajar bukan, apabila WhatsApp dijadikan sebagai Tools untuk marketing? Tak heran juga banyak Tools WA Marketing bermunculan. Lalu bagaimanakah cara untuk menentukan Tools WA Marketing yang tepat? Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan
1. Device Tools WA Marketing
Ada 2 sistem tools WA marketing yang sudah banyak beredar saat ini, dan bisa dibedakan dengan device. Device yang saya maksud adalah tempat menjalankan aplikasi marketingnya.
Aplikasi yang dijalankan di Komputer
Dengan kemampuan komputer (baik PC/Laptop) yang bisa di upgrade, misal kapasitas hardisk, display card ataupun memory membuat komputer menjadi alat yang fleksibel untuk menjalankan aplikasi apapun. Namun, perlu menjadi perhatian juga persyaratan Operating System (OS) serta minimum versi OS yang bisa untuk menjalankan aplikasi/software tersebut.
Kita tau bahwa OS saat ini tidak sekedar Windows saja, tapi ada Mac & Linux. Jadi pastikan juga aplikasinya memang support di OS yang digunakan, termasuk versinya juga ya (karna tiap OS memiliki versi beraneka ragam) 😉
Biasanya aplikasi yang dijalankan di komputer menjalankan aplikasi secara otomatis saat komputer menyala. Jadi dengan kata lain saat komputer menyala, maka aplikasi bisa beroperasi secara normal. Ini sangat cocok untuk marketing yang memiliki jam operasional. Misal toko atau kantor
Aplikasi yang dijalankan di Cloud / internet
Lain halnya dengan sistem aplikasi yang tertanam di cloud. Kalau di komputer kita bisa upgrade dengan mudah, sebagai pengguna aplikasi di cloud tidak bisa mengupgrade kemampuan secara langsung.
Tapi di sisi lain, aplikasi di cloud ini akan jalan 24 jam. Ini sangat cocok untuk mereka yang tetap melayani konsumennya kapanpun
2. Fitur Tools WA Marketing yang ditawarkan
Walaupun terlihat sama, namun satu dengan yang lainnya pastilah memiliki keunggulan tersendiri. Dari beberapa tools WA Marketing yang pernah saya gunakan, berikut fitur2 yang ditawarkan
Fungsi | Dripsender | Maxgrabb | WA Sender | GritSender |
---|---|---|---|---|
Device | Web Based (Android/PC/Laptop) |
Windows (32/64bit), MacOS |
Windows | Windows |
Fitur Umum: | ||||
– Grab kontak dari WAG | Yes | Yes | Yes | Yes |
– Grab dari Chat List | Yes | Yes | Yes | Yes |
– Auto reply | Yes | Yes | Yes | Yes |
– Kirim Button | Yes | Yes | Yes | Yes |
– Campaign | Yes | Yes | Yes | Yes |
– Multi akun WA | Yes*) | Yes*) | No | Yes |
Fitur Unggulan: | – Drip Message – List Menu -Button link – Auto list database – Welcome Message – Spintax & variable – Batch Sending – Generate Whatsapp Chat Button |
– Campaign grup – List Menu – Button Link – Batch Sending |
– Grab WAG dari web page – Grab dari Google Map – Grab Active Group Member – Auto Grup Joiner |
– List Menu – Button Link – Schedule sending – Spintax & variable |
Testing Gratis | No | YES (7 hari) | YES (3 hari) | YES (7 hari) |
3. Jumlah Akun WA yang bisa digunakan
Ini sepele tapi bila tidak diperhatikan jadi perlu investasi yang lebih. Mengapa? Karna apabila tools yang dimaksud support untuk multi Akun WA, maka biaya investasi multi akun WA biasanya lebih ekonomis daripada memesan 2x lisensi dengan single akun WA
Semoga info ini bisa bermanfaat buat temen2 semua & ingat pesan saya “Spamming lah dengan bijak” 😇